CHATTING - SHARING - COMMENT

Pentingkah Serat Bagi Kesehatan?

Mana seratnya? Tentu sudah tidak asing lagi telinga kita mendengarnya dalam sebuah iklan di layar kaca. Memang, akhir-akhir ini banyak sekali produk suplemen yang mengandung serat yang ditawarkan oleh perusahaan farmasi. Benarkah serat bermanfaat bagi tubuh kita?

Direktorat Gizi Masyarakat Departemen Kesehatan tahun 1998 telah melakukan analisa ulang atas data konsumsi makanan penduduk Indonesia. Hasilnya menunjukkan bahwa rata-rata konsumsi serat makanan penduduk Indonesia adalah 10,5 gr/orang/hari. Ini berarti masih dibawah 50% dari kebutuhan tubuh.

Serat makanan adalah bagian dari pangan nabati yang tidak dapat dicerna dan diabsorpsi dalam usus, meliputi polisakarida, oligosakarida, lignin serta komponen nabati terkait lainnya.
Ada dua jenis serat berdasarkan keterlarutannya dalam air yaitu serat yang larut serta yang tidak larut dalam air. Serat yang larut antara lain pectin dan gum, sedangkan yang tidak larut antara lain selolusa dan lignin.

Serat larut akan membentuk seperti gel jika dilarutkan dalam air. Serat ini akan mengikat lemak sehingga lemak tidak akan diserap oleh tubuh melainkan akan dikeluarkan dari tubuh bersama feses. Serat jenis ini berperan dalam menurunkan kolesterol. Serat ini banyak terdapat pada buah-buahan, kacang-kacangan, oat, barley, psyllium.
Jenis serat yang tidak larut bersifat menyerap air, menjadikan feses berukuran besar dan tidak lunak. Serat tidak larut ini dapat membantu mencegah sembelit dan wasir. Jenis ini terdapat pada sayuran, umbi-umbian, bekatul, dan wheat.

Manfaat Serat
Saat ini telah terjadi pergeseran pola penyakit pada masyarakat khususnya pada mereka yang tinggal di perkotaan yaitu dari penyakit infeksi ke penyakit degeneratif. Berbagai penyakit degeneratif cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan penyakit degeneratif berhubungan dengan perubahan pola hidup terutama kurangnya olahraga dan diet tinggi lemak rendah serat.

Serat saat ini diketahui tidak hanya sekedar memperlancar buang air besar. Berbagai penelitian membuktikan bahwa serat mempunyai peranan untuk mengendalikan kadar gula darah, kolesterol dan trigliserida. Serat dapat mengikat kolesterol dan asam empedu dan membawanya keluar dari tubuh bersama feses sehingga konsentrasi lemak dalam darah menurun dan kemungkinan resiko terkena sakit jantung juga menurun.

Penelitian lain juga membuktikan bahwa serat dapat mencegah kanker kolon. Serat dapat mempercepat lewatnya makanan di dalam saluran pencernaan sehingga memperpendek waktu transit. Hal ini akan menyebabkan penurunan paparan bahan racun dan bahan karsinogenik (bahan penyebab kanker) pada saluran pencernaan.

Serat dikatakan pula mempunyai efek prebiotik. Prebiotik adalah bahan makanan yang tidak dapat dicerna oleh saluran pencernaan yang secara selektif akan menstimulasi pertumbuhan atau aktifitas sejumlah bakteri yang menguntungkan kesehatan di usus besar.
Mengingat serat makanan sangat bermanfaat bagi kesehatan, maka konsumsi serat makanan yang adekuat sebaiknya merupakan bagian integral dari pola makan. American Cancer Society dan National Cancer Institute menganjurkan konsumsi serat makanan 20-30 gram/hari. Rekomendasi PERKI 2001 menyarankan 25-30 gram/orang/hari untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Namun demikian, peningkatan asupan serat makanan perlu hati-hati pada anak-anak dan usia lanjut.

Meski bermanfaat, konsumsi serat terlalu banyak dapat menyebabkan banyak flatus (buang angin) dan menurunkan absorpsi mineral dan vitamin yang diperlukan tubuh.
Read More...

Tidur Membuat Bayi Cerdas

Di awal kehidupannya bayi banyak melakukan penyesuaian diri dan mempelajari lingkungan barunya. Dalam hal tidurpun ia memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri. Bayi yang baru lahir membutuhkan waktu 16-20 jam untuk tidur. Seiring dengan bertambahnya usia, waktu untuk tidurpun berkurang.
Bayi baru lahir belum bisa membedakan waktu siang dengan malam. Apalagi ditambah dengan pola tidurnya yang masih belum teratur. Bagi mereka, sepanjang hari adalah sama. Karena itulah, kadang kala ia terjaga sepanjang malam, sementara di siang hari tidur lelap. Memasuki usia 5 bulan baru kita dapat mulai mengajari bayi bahwa malam hari untuk tidur, siang hari untuk bermain.

Bagi bayi tidur sangat penting bagi pertumbuhannya. Saat tidur terjadi perbaikan sel-sel otak serta diproduksinya kurang lebih 75% hormon pertumbuhan. Selain itu tidur juga penting untuk perkembangan tingkat kesadaran dan respon terhadap interaksi sosial serta interaksi dengan lingkungannya. Bayi yang kurang tidur dapat memberikan tanda-tanda beragam mulai dari mengantuk, rewel hingga hiperaktif. Bayi yang tidak nyenyak tidur malamnya, cenderung kurang mampu memfokuskan perhatiannya. Akibatnya ia akan mengalami keterlambatan dalam ketrampilam motorik. Pendeknya tidur penting perkembangan kecerdasan, fisik, dan mental bayi.

Mengingat pentingnya kualitas tidur bagi bayi, perlu diusahakan agar senantiasa bayi dapat tidur dengan nyenyak. Dua hal yang perlu diperhatikan adalah jenis makanan yang diberikan pada saat makan malam dan lingkungan saat bayi tidur.
Hendaknya dihindarkan pemberian coklat, keju atau makanan berlemak lainnya saat makan malam karena makanan tersebut mengandung zat yang menyebabkan sulit tidur. Sebaliknya, pemberian susu atau pisang sangat dianjurkan karena memiliki kadar serotonin yang dapat memudahkan tidur.

Bantulah mengatur siklus tidur bayi. Usahakan agar bayi tidak tidur terlalu lama di siang hari dan lebih aktif di siang hari. Jangan ajak si kecil bermain bila ia bangun di tengah malam. Ciptakan suasana tidiur yang nyaman dengan menghindari suara berisik dan suhu ruangan dijaga jangan terlalu dingin.
Pilihlah kasur yang sedikit keras untuk pertumbuhan tulang dan otot bayi. Hindari penggunaan kasur yang terlalu lunak sehingga akan membuat tubuhnya tenggelam. Sprei hendaknya terbuat dari bahan katun dengan sedikit lipatan-lipatan. Banyaknya lipatan sprei dapat membuat hidung serta wajah bayi tertutup saat bayi tidur tengkurap yang mana dapat menyebabkan kesulitan bernafas.

Yang tak kalah pentingnya adalah menjaga bayi tetap kering sepanjang malam. Sebaiknya memakai popok sekali pakai (diapers) yang dapat menyerap cairan dengan baik sehingga kalau bayi kencing di tengah malam kita tidak perlu mengganti popoknya. Dengan demikian kita tidak akan mengganggu tidur si kecil.

Agar tumbuh kembang bayi Anda optimal, jagalah kualitas tidurnya. Upayakan hal-hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk mendukung kualitas tidur yang baik.
Read More...

Video Gallery

  • Facebook Info Sehat Bugar
    Facebook Info Sehat Bugar
    Sharing Informasi Kesehatan dan Kebugaran
  • Seni Bercinta Kamasutra
    Seni Bercinta Kamasutra
    Tunjukkan sisi romantisme anda sebagai seorang laki2 saat berhubungan seks. Kiranya 8 Posisi seks kamasutra ini berguna untuk anda
  • Indonesia Sexy Girls
    Indonesia Sexy Girls
    Ini dia foto-foto 10 Artis Indonesia tersexy
  • Gairah seks wanita menurut primbon jawa
    Primbon: Gairah seks wanita
    Keindahan wanita dibahas dalam banyak buku atau kitab kuno, baik di China, India, Amerika Latin, Arab maupun nusantara. Seperti primbon Jawa yang telah ditulis pujangga sejak ribuan tahun silam
  • Kalkulator Cinta ver.2
    Kalkulator Cinta ver.2
    Satu lagi software tentang cinta (love tester). Biar gak pake lama yuk silahkan download aja
  • Dangdut Heboh Hampir Bugil
    Dangdut Heboh Hampir Bugil
    Video Clip Dangdut, heboh... nyaris bugil
  • Luna Online Hadirkan 5 Cewek Cantik Sebagai Duta
    Luna Online: 5 Cewek Cantik
    Kehadiran game online baru, Luna Online, cukup unik karena disertai munculnya lima cewek cantik dan imut yang menjadi ikon game tersebut. Para fans pun siap-siap menemukan mereka dalam berbagai kegiatan di dunia Luna
  • Tips Feng Shui Untuk Cepat Hamil
    Feng Shui Cepat Hamil
    Beberapa tips dari pakar Feng Shui untuk pasangan yang dinyatakan sehat secara medis dan ingin cepat memperoleh momongan
  • Menculik Miyabi Maria Ozawa
    Menculik Miyabi Maria Ozawa
    Maria Ozawa, seorang bintang iklan ternama di Jepang mendapat tugas untuk memberikan hadiah pemenang kuis langsung ke Jakarta