CHATTING - SHARING - COMMENT

Implan Koklea, Harapan bagi Penderita Hilang Pendengaran

PENDENGARAN merupakan salah satu hal yang penting dalam hidup. Hidup tanpa pendengaran akan terasa hampa. Kehilangan pendengaran (tuli) mengacu pada berkurang atau hilangnya kepekaan seseorang terhadap suara.

Ada dua jenis tuli. Tuli konduktif yaitu kelainan yang terdapat pada telinga luar atau tengah, secara umum dirawat secara medis. Tuli sensorineural yaitu kerusakan pada sel indera telinga bagian dalam atau saraf pendengaran. Kerusakan pada struktur saraf atau indera ini menghasilkan tuli secara permanen.

Tuli sensorineural dapat disebabkan oleh terpapar secara berlebihan pada suara yang lantang, luka di kepala, infeksi, faktor usia, faktor bawaan, obat-obatan tertentu, genetika. Penyebab pasti dari tuli sensorineural seringkali sulit untuk diidentifikasikan. Tidak ada penyembuhan dengan obat-obatan yang berarti untuk penderita dengan tuli sensorineural.

Untuk orang dewasa dan anak-anak yang mengalami tuli sensorineural dari tingkat ringan sampai tingkat sedang dapat dibantu dengan alat bantu dengar. Sedangkan untuk tuli sensorineural tingkat berat sampai sangat berat, Implan Koklea lebih direkomendasikan.

Terobosan Besar

Implan Koklea merupakan terobosan besar di bidang kedokteran. Penelitian tentang Implan Koklea telah dilakukan sejak awal tahun 1950 dan diakui oleh FDA (Foot and Drug Administration) pada pertengahan 1980-an. Implan Koklea merupakan alat prostetik dengan komponen internal yang dipasang lewat pembedahan dan komponen eksternal yang memerlukan penyesuaian dan pemrograman.

Implan Koklea mengantarkan rangsangan secara langsung ke saraf pendengaran, melewati sel indera yang hilang atau rusak dengan mengubah suara akustik menjadi pola elektrik, yang kemudian dikirim ke otak dan diterjemahkan sebagai suara.

Implan Koklea diperuntukkan bagi orang dewasa maupun anak-anak yang tidak mendapatkan manfaat yang cukup dari alat-alat bantu pendengaran yang ada. Untuk menentukan apakah seseorang dapat menjadi kandidat Koklea, memerlukan pemeriksaan dan berbagai tes oleh dokter spesialis telinga, hidung, tenggorokan-kepala leher.

Prosedur pemasangan Implan Koklea diawali dengan melakukan tindakan bedah untuk memasang komponen internal. Dengan hanya memasang komponen internal, maka pasien masih belum bisa mendengar. Setelah luka bekas operasi sembuh dan bengkaknya hilang (sekitar 3-6 minggu) dapat dilanjutkan dengan pemasangan transmitter ekseternal dan prossesor suara. Sehingga pasien dapat mulai mendengar suara layaknya normal.

Pasien dengan Implan Koklea memerlukan rehabilitasi khusus untuk menyesuaikan dengan pendengaran barunya. Program rehabilitasi terfokus pada belajar mendengarkan dan menyediakan lingkungan auditif, sehingga memaksimalkan potensi kinerja pasien dengan Implan Koklea.
Sumber: BaliPost

  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description

Video Gallery

  • Facebook Info Sehat Bugar
    Facebook Info Sehat Bugar
    Sharing Informasi Kesehatan dan Kebugaran
  • Seni Bercinta Kamasutra
    Seni Bercinta Kamasutra
    Tunjukkan sisi romantisme anda sebagai seorang laki2 saat berhubungan seks. Kiranya 8 Posisi seks kamasutra ini berguna untuk anda
  • Indonesia Sexy Girls
    Indonesia Sexy Girls
    Ini dia foto-foto 10 Artis Indonesia tersexy
  • Gairah seks wanita menurut primbon jawa
    Primbon: Gairah seks wanita
    Keindahan wanita dibahas dalam banyak buku atau kitab kuno, baik di China, India, Amerika Latin, Arab maupun nusantara. Seperti primbon Jawa yang telah ditulis pujangga sejak ribuan tahun silam
  • Kalkulator Cinta ver.2
    Kalkulator Cinta ver.2
    Satu lagi software tentang cinta (love tester). Biar gak pake lama yuk silahkan download aja
  • Dangdut Heboh Hampir Bugil
    Dangdut Heboh Hampir Bugil
    Video Clip Dangdut, heboh... nyaris bugil
  • Luna Online Hadirkan 5 Cewek Cantik Sebagai Duta
    Luna Online: 5 Cewek Cantik
    Kehadiran game online baru, Luna Online, cukup unik karena disertai munculnya lima cewek cantik dan imut yang menjadi ikon game tersebut. Para fans pun siap-siap menemukan mereka dalam berbagai kegiatan di dunia Luna
  • Tips Feng Shui Untuk Cepat Hamil
    Feng Shui Cepat Hamil
    Beberapa tips dari pakar Feng Shui untuk pasangan yang dinyatakan sehat secara medis dan ingin cepat memperoleh momongan
  • Menculik Miyabi Maria Ozawa
    Menculik Miyabi Maria Ozawa
    Maria Ozawa, seorang bintang iklan ternama di Jepang mendapat tugas untuk memberikan hadiah pemenang kuis langsung ke Jakarta