CHATTING - SHARING - COMMENT

Demam Chikungunya

Akhir – akhir ini penyakit chikungunya menjadi endemik di beberapa daerah di Indonesia. Beberapa daerah di Jawa dan Irian Jaya telah terjadi wabah chikungunya dalam bulan-bulan terakhir ini. Apakah sebenarnya penyakit chikungunya itu?

Demam chikungunya atau demam chik adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh virus, bersifat self limited (bisa sembuh sendiri) dan ditularkan oleh nyamuk. Virus penyebabnya termasuk dalam kelompok Alphavirus, famili Togaviridae. Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus, yang juga merupakan nyamuk penular penyakit demam berdarah dengue (DBD).
Demam chikungunya dijumpai terutama di daerah tropis dan sering menyebabkan epidemi dalam interval 5-10 tahun. Beberapa faktor yang mempengaruhi munculnya demam chikungunya antara lain rendahnya status kekebalan kelompok masyarakat, kepadatan populasi nyamuk penular. Padatnya populasi nyamuk terutama terjadi pada musim penghujan oleh karena banyaknya tempat perindukan nyamuk.

Gambaran Klinis
Masa inkubasi penyakit ini antara 1-12 hari (umumnya 2-4 hari). Gejala klinis demam chikungunya amat mirip dengan demam berdarah dengue. Namun pada demam chikungunya ada hal yang mencolok yaitu nyeri dan bengkak pada satu atau lebih persendian yang dirasakan hebat sehingga dapat mengganggu aktivitas. Persendian yang terkena terutama sendi lutut, pergelangan, jari kaki dan tangan serta tulang belakang. Kaku sendi dapat terjadi beberapa minggu sampai beberapa bulan setelah penyembuhan.
Gejala dominan lainnya yang dapat ditemukan pada orang dewasa adalah demam, nyeri otot, sakit kepala, kemerahan pada konjungtiva, mual, muntah, pembesaran kelenjar getah bening di leher. Ruam atau bintik-bintik kemerahan dapat ditemukan pada kulit.
Pada anak-anak gejala nyeri sendi jarang dijumpai. Kejang demam dapat terjadi pada anak yang berumur kurang dari tiga tahun.
Bagaimana pengobatan demam chik ini? Seperti halnya penyakit DBD, obat terhadap virus penyebabnya belum ada. Obat yang diberikan hanya bersifat simptomatis. Penatalaksanan pada fase akut adalah minum yang banyak, istirahat yang cukup dan pemberian analgetik - antipiretik golongan asetaminofen/parasetamol. Aspirin tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan perdarahan. Obat anti inflamasi non-streoid dapat diberikan untuk nyeri sendi. Terapi penunjang lain dan fisioterapi dapat dilakukan untuk memulihkan kondisi sendi.

Pencegahan
Pencegahan penyakit ini sama dengan DBD oleh karena vektor penyebabnya sama pula. Pencegahan dapat dilakukan perorangan maupun kelompok/masyarakat. Jangan biarkan jentik-jentik nyamuk berkembang biak. Lakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan melakukan 3M yakni menguras, menutup dan mengubur. Kamar mandi dan WC hendaknya dibersihkan setiap minggu sekali. Bak-bak tempat penampungan air minum hendaknya tertutup rapat. Kaleng-kaleng bekas, ban bekas dan lain sebagainya sebaiknya dikubur agar tidak menjadi tenpat genangan air. Sedapat mungkin lindungi diri dari gigitan nyamuk terutama pada siang hari, misalnya dengan menggunakan obat gosok (repellant), pemakaian kelambu serta pemasangan kawat kasa di rumah.
Masyarakat dapat secara bergotong royong membersihkan lingkungan dari tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk. Pengasapan atau fogging bila diperlukan dapat dilakukan secara swadaya maupun oleh pemerintah.

  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description

Video Gallery

  • Facebook Info Sehat Bugar
    Facebook Info Sehat Bugar
    Sharing Informasi Kesehatan dan Kebugaran
  • Seni Bercinta Kamasutra
    Seni Bercinta Kamasutra
    Tunjukkan sisi romantisme anda sebagai seorang laki2 saat berhubungan seks. Kiranya 8 Posisi seks kamasutra ini berguna untuk anda
  • Indonesia Sexy Girls
    Indonesia Sexy Girls
    Ini dia foto-foto 10 Artis Indonesia tersexy
  • Gairah seks wanita menurut primbon jawa
    Primbon: Gairah seks wanita
    Keindahan wanita dibahas dalam banyak buku atau kitab kuno, baik di China, India, Amerika Latin, Arab maupun nusantara. Seperti primbon Jawa yang telah ditulis pujangga sejak ribuan tahun silam
  • Kalkulator Cinta ver.2
    Kalkulator Cinta ver.2
    Satu lagi software tentang cinta (love tester). Biar gak pake lama yuk silahkan download aja
  • Dangdut Heboh Hampir Bugil
    Dangdut Heboh Hampir Bugil
    Video Clip Dangdut, heboh... nyaris bugil
  • Luna Online Hadirkan 5 Cewek Cantik Sebagai Duta
    Luna Online: 5 Cewek Cantik
    Kehadiran game online baru, Luna Online, cukup unik karena disertai munculnya lima cewek cantik dan imut yang menjadi ikon game tersebut. Para fans pun siap-siap menemukan mereka dalam berbagai kegiatan di dunia Luna
  • Tips Feng Shui Untuk Cepat Hamil
    Feng Shui Cepat Hamil
    Beberapa tips dari pakar Feng Shui untuk pasangan yang dinyatakan sehat secara medis dan ingin cepat memperoleh momongan
  • Menculik Miyabi Maria Ozawa
    Menculik Miyabi Maria Ozawa
    Maria Ozawa, seorang bintang iklan ternama di Jepang mendapat tugas untuk memberikan hadiah pemenang kuis langsung ke Jakarta